Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah

March 29, 2021 0 Comments

iPhone SE 2 Murah, HP Mirip iPhone 8 dengan Kualitas Setara iPhone 11!

IMEI adalah bagian penting untuk setiap smartphone atau ponsel, termasuk iPhone. Namun masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya IMEI ini. Banyak orang yang tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu ketika membeli iPhone atau gadget lainnya. Sehingga smartphone yang dibeli tidak tahu keasliannya.

Selain untuk mengatahui apakah iPhone yang dibeli asli atau palsu, IMEI juga berfungsi untuk menemukan iPhone apabila iPhone dicuri. Apabila iPhone dicuri, segera laporkan permasalahanmu ke provider operator seluler yang digunakan, maka tanpa waktu yang lama, pihak providermu akan melacak keberadaan iPhone yang dicuri tadi. Pihak provider juga bisa membantu pemblokiran sementara pada iPhone yang dicuri, sehingga pencuri tidak bisa menggunakan iPhone tersebut dalam jangka waktu panjang. Adapun lokasi atau keberadaan dari pencuri juga bisa dilacak melalui kantor provider yang kamu gunakan.

Pengecekan IMEI ini juga sangat penting dan sebaiknya dilakukan ketika kamu hendak membeli iPhone, begitu juga dengan smartphone lainnya. Maka dari itu ada baiknya kamu melakukan pembelian gadget secara offline supaya bisa membedakan iPhone yang kamu beli itu asli atau palsu.

Terdapat beberapa e-commerce yang menawarkan iPhone dengan potongan harga yang cukup besar. Namun kamu jangan tergoda dan terburu-buru untuk membeli iPhone tersebut karena kamu harus mengecek terlebih dahulu keasliannya. Hal ini adalah hal yang tidak bisa kamu lakukan jika membeli iPhone secara online.

IMEI juga bisa digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus kejahatan yang sedang ditangani oleh pihak kepolisian, misalnya untuk mendeteksi keberadaan dari pencuri ponsel, polisi menggunakan nomor IMEI tersebut untuk melacak lokasi keberadaan pencuri.

Setelah mengetahui pentingnya IMEI, berikut ini cara cek IMEI iPhone yang mudah untuk diikuti.

  • Melalui Kotak Perangkat

Ketika membeli gadget, tentu gadget tersebut kamu terima dalam kondisi terbungkus. Di bagian belakang box iPhone biasanya tertera beberapa nomor, diantaranya adalah nomor SN, SKU, dan IMEI. Setelah itu kamu bisa mencocokkan nomor IMEI di box dengan yang kamu temukan di handphone. Apabila hasilnya berbeda, maka bisa dipastikan bahwa barang yang kamu beli tidak asli.

  • Melalui Sistem Pengaturan Perangkat

Apabila sudah sudah menemukan nomor IMEI pada box kemasan, selanjutnya cek nomor yang tertera dalam sistem iPhone dengan cara Settings > General > About. Di sana tertera informasi detail mengenai perangkat, termasuk juga IMEI yang terdiri dari 15 digit angka.

  • Cek IMEI di Bagian Belakang Perangkat

Selain melakukan dua cara yang dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa melakukan pengecekan IMEI di bagian belakang badan iPhone. Pengecekan dengan cara ini bisa dilakukan untuk iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+ dan tipe-tipe selanjutnya. Cara ini terbilang lebih lebih mudah dilakukan karena kamuhHanya perlu membalik ponsel dan melihat nomor pada casing, serta tidak perlu menyalakan ponsel.

  • Cek IMEI di Slot SIM Card

Kamu bisa cek bagian slot SIM card apabila kamu ingin lebih yakin bahwa seluruh nomor IMEI sama. Di rangka slot SIM card bagian atas, terdapat nomor IMEI dalam ukuran yang kecil. Namun dengan catatan bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada tipe tertentu saja. Jadi kamu tidak perlu kaget apabila tidak melihat nomor IMEI di beberapa tipe iPhone.

  • Cek IMEI iPhone dengan Kode Dial

Untuk cek IMEI dengan kode dial bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu telepon dan masukkan kode #06#. Kemudian tekan dial dan secara otomatis perangkat akan menampilkan detail nomor IMEI perangkat yang sedang kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *