Hal-hal Yang Dapat Diketahui Dengan Menggunakan Kalkulator Ovulasi

December 20, 2020 0 Comments

               

5 Cara untuk Mengetahui Masa Subur

Untuk kamu yang tengah menjalani program hamil. Tidak hanya kalender masa subur saja yang bisa kamu gunakan, tetapi kalkulator ovulasi pun sangat berguna dan memberikan peluang besar agar kamu bisa memiliki buah hati.  Karena wanita memiliki masa-masa yang disebut subur dan tidak subur. Hal ini memberika pengaruh pada proses terjadinya kehamilan. Ketika melakukan hubungan suami-istri harus dilakukan ketika wanita sedang dalam masa subur. Di waktu itu, sel telur telah siap dan aktif untuk dibuahi oleh sperma. Untuk menghitung masa subur setelah haid yaitu dengan menggunakan kalkulator ovulasi.

                1. Masa Subur Terjadi

Hari pertama menstruasi menandakan dimulainya siklus kalender haid. Selama menstruasi ini, satu dari dua indung telur akan melepaskan sel telur ke rahim melalui tuba falopi. Nah pelepasan sel telur disebut masa ovulasi. Karena umumnya sel telur hanya dapat bertahan hidup selama sehari setelah dilepaskan. Selama waktu itu, sel sperma harus bisa membuahi sel telur agar kehamilan bisa terjadi.

                2. Ciri-ciri Masa Subur Wanita

Ciri-cirinya biasanya ditandai dengan beberapa hal, pertama keluar lendir dari mulut rahim, kemudian suhu basal tubuh meningkat, mengalami nyeri pada bagian perut bawah atau punggung, keluar bercak darah dari vagina, dan biasanya timbuk perasaan lebih bergairah daripada biasanya.

                3. Kalkulator Ovulasi

Salah satu cara untuk menghitung masa subur wanita yaitu menggunakan kalkulator ovulasi. Kalkulator ini memakai siklus menstruasi sebagai faktor dan bahan utamanya. Akhir-akhir ini, kalkulator ovulasi dapat dicari dan ditemukan dengan mudah di internet. Beberapa artikel dan website yang membahas tentang penghitungan masa subur ini biasanya sudah menyertakan kalkulator yang bisa digunakan langsung oleh siapapun tanpa harus membayar.

                4. Menyiapkan Data Sebelum Menggunakan Kalkulator Ovulasi

Pertama yaitu hari pertama di periode menstruasi terbaru. Setelah itu interval menstruasi atau jarak umum antara menstruasi dengan menstruasi berikutnya. Interval yang biasanya dialami oleh kebanyakan wanita adalah 28 hingga 31 hari. Berikutnya masa menstruasi atau waktu berlangsungnya periode menstruasi. Biasanya wanita mengalami masa ini 5-7 hari, walaupun ada beberapa yang sedikit atau bahkan lebih dari hari itu. Jika masa ini tidak menentu atau selalu berubah, bisa mencari masa rata-rata yang paling sering terjadi.

                5. Hasil Perhitungan Masa Subur

Setelah kamu mempunyai data-data yang disebutkan di atas, kamu bisa langsung menggunakannya untuk bisa dimasukkan ke dalam kalkulator ovulasi. Hasil perhitungan dapat dilihat saat itu juga. Hasil tersebut akan menghasilkan masa subur yang merupakan periode terbaik untuk melakukan hubungan suami-istri dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Membuat kemungkinan untuk hamil setelah melakukan hubungan. Waktu konsepsi bayi dengan kelamin tertentu atau waktu yang memungkinkan kamu memiliki bayi dengan kelamin laki-laki atau perempuan. Lalu masa dengan tingkat konsepsi yang rendah, dan terakhir adalah masa ovulasi, masa dimana sel telur wanita telah siap dibuahi oleh sperma.

                6. Menyiapkan Kehamilan dengan Kalkulator Ovulasi

Dengan menggunakan informasi yang didapat dari kalkulator ovulasi, kamu akan dapat melakukan perhitungan kehamilan, perencanaan dan persiapan kehamilan dengan baik. Dapat memperkirakan kapan kehamilan terjadi dan menebak kelamin bayi. Hasil hitungan ini memudahkan pasangan menyusun jadwal berhubungan suami istri supaya wanita bisa hamil. Sementara untuk wanita, hasill perhitungan ini bisa membantu menyiapkan diri untuk menghadapi periode kehamilan dengan cara menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *