Kemenkes: Sebagian Besar Pegawai yang Positif Covid Sudah Sembuh

November 17, 2020 0 Comments

Achmad Yurianto selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa sebagian besar pegawai Kemenkes yang sempat dinyatakan positif covid-19 sudah sembuh. “Sekarang yang masih kita suruh isolasi secara mandiri mungkin enggak sampai 10 orang. Selebihnya sudah sembuh dan sudah bekerja lagi,” ungkap Achmad Yurianto. 

Tak hanya itu, Yuri juga menegaskan bahwa penularan covid -19 yang terjadi pada pegawai Kemenkes ini bisa saja terjadi di luar kantor. Pasalnya, kebanyakan pegawai Kemenkes diperbantukan di beberapa tempat. Yuri mencotohkan beberapa tempat yang dimaksudnya, yakni di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik Bandara Soekarno Hatta maupun Bandara Halim Pedana Kusuma, hingga RSD Wisma Atlet. 

Bahkan, Yuri mengatakan jika kebanyakan pegawai Kemenkes tinggal di daerah sekitaran Jabodetabek yang setiap hari berangkat dari rumah dengan menggunakan berbagai moda transportasi, sehingga risiko penularan bisa terjadi dimana saja. “Mereka yang kemudian terpapar. SOP sudah dijalankan dengan baik tapi risiko pekerjaan luar biasa. Ada juga pegawai Kemenkes yang bekerja di laboratorium memang tidak pernah ketemu pasien tapi ketemu virusnya langsung,” tambahnya. 

Padahal, selama ini Kemenkes telah menerapkan SOP yang begitu ketat. Jika ada petugas Kemenkes yang memiliki komorbid, maka mereka tidak akan ditugaskan. Sedangkan SOP di kantor Kemenkes, diharuskan ada penyemprotan disinfektan 3 kali dalam seminggu yang menjangkau seluruh ruangan. Selain di kantor, Yuri juga memerintahkan kepada seluruh karyawan Kemenkes untuk bergantian melakukan tugas. Hal tersebut pun berlaku bagi menteri kesehatan setelah melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. 

“Dengan swab yang banyak, kita bisa temukan semua orang positif covid-19, karena memang tujuan kamu melakukan proteksi pada pegawai supaya mereka bisa terjaga betul kondisi fisiknya dan kinerja ya bisa maksimal,” pungkas Yuri.  

Pasalnya, Kemenkes merupakan klaster penyebaran covid-19 terbesar di wilayah DKI Jakarta. Menurut Kementerian yang dipimpin oleh Terawan Agus Putranto, yang menyebutkan bahwa kemenkes menyumbang 252 kasus positif covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *