Pentingnya Uji Klinis Vaksin Corona pada Anak

December 27, 2020 0 Comments

Vaksin Corona Sinovac Tingkatkan Respons Imun dengan Cepat, Ini Faktanya

Pandemi virus corona yang tengah melanda dunia membuat banyak pihak pun berlomba-lomba untuk mengembangkan sejumlah kandidat vaksin yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi masalah kesehatan di tengah pandemi. Dari sekian banyak jenis kandidat vaksin yang dikembangkan, salah satunya adalah vaksin moderna yang diharapkan bisa menjadi sarana untuk melawan pandemi yang tengah melanda dunia.

Perkembangan dari sejumlah kandidat vaksin pun berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Ada beberapa jenis vaksin yang masih dalam tahap penelitian, ada pula yang sudah mengalami tahap pengujian fase I ataupun fase II dan bahkan ada juga jenis vaksin yang sudah mulai digunakan secara terbatas seperti vaksin dari China dan Rusia.

Alasan Pentingnya Melakukan Uji Klinis Vaksin Corona Pada Anak

Vaksin Corona Johnson and Johnson Masuki Uji Tahap Akhir

Dari pengembangan vaksin yang masih terus dilakukan ini, salah satu kondisi yang menarik untuk dicermati adalah uji klinis vaksin ‘hanya’ ditujukan untuk orang dewasa. Sedangkan untuk uji klinis yang dilakukan pada anak-anak, cenderung belum pernah dilakukan. Berangkat dari hal ini, tidak sedikit yang mulai banyak memiliki pemikiran bahwa uji klinis vaksin juga perlu dilakukan pada anak dalam rangka untuk melihat respon vaksin yang ada.

1. Mengurangi Potensi Kemungkinan Terjadinya Masalah di Masa Mendatang

Seperti yang sudah diketahui, bahwa saat ini sebagian kandidat vaksin telah mengalami uji klinis hingga fase III untuk orang dewasa. Namun, di banyak negara seperti Amerika, uji klinis pada anak-anak pun belum juga dimulai. Meskipun sejumlah perusahaan pembuat obat terkemuka seperti Pfizer, Moderna, AstraZeneca, ataupun Johnson & Johnson memang telah memiliki rencana untuk melakukan uji klinis ini namun belum direalisasikan.

Sejumlah produsen obat-obatan terkenal tersebut belum bisa memastikan kapan uji klinis bisa dilakukan pada anak-anak. Termasuk untuk vaksin moderna yang juga masih belum menemui titik terang dalam potensi penggunaannya.

Mengingat bahwa anak-anak juga memiliki peluang dan potensi yang sama untuk terkena virus Corona, tidak sedikit yang beranggapan bahwa anak-anak juga perlu segera mendapatkan suntikan uji klinis vaksin Corona untuk menghindari kemungkinan adanya masalah-masalah baru di kemudian hari.

2. Anak-anak Juga Rentan Untuk Terpapar Virus

Pentingnya untuk melakukan uji klinis dari vaksin moderna karena banyak orang yang berpotensi dan juga rentan terkena paparan virus. Tidak terkecuali pada anak-anak sekalipun. Mengingat bahwa banyak kalangan yang cukup rentan dengan paparan virus, tidak sedikit para pakar yang memiliki anggapan bahwa uji klinis juga perlu segera dilakukan pada anak-anak untuk melihat respon tubuh terhadap vaksin yang diberikan.

Meskipun persentase anak-anak yang terjangkit dan mendapatkan perawatan akibat virus corona, namun hal ini tidak boleh serta-merta dianggap bahwa anak-anak lebih ‘kebal’ terhadap virus. Biasanya, uji klinis vaksin yang dilakukan pada anak-anak akan dilakukan setelah data-data hasil uji klinis pada orang dewasa dinyatakan berhasil dan vaksin cukup aman untuk digunakan.

Kalau kamu ingin mengenal secara lebih jauh vaksin corona, info seputar virus corona, dan ataupun ingin mengetahui secara lebih lanjut berbagai informasi seputar kesehatan lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi Halodoc.

Selain lewat situs website, kamu juga bisa mengakses aplikasi Halodoc lewat perangkat smartphone yang kamu miliki. Bahkan kamu juga bisa bertanya secara langsung pada dokter lewat aplikasi tersebut tanpa harus keluar rumah.

Demikianlah ulasan mengenai pentingnya melakukan uji klinis vaksin moderna dan vaksin-vaksin lainnya yang menjadi kandidat sebagai media untuk melawan pandemi yang melanda ke berbagai wilayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *