Serba Serbi Seputar Jeruk

December 20, 2020 0 Comments

main image

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk manusia. Keberadaannya kini sudah sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Karena ia termasuk dalam kategori buah, ia tentu memiliki segudang manfaat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Tetapi sebelum mengenali manfaat-manfaatnya, akan lebih baik bila Anda mengenal terlebih dahulu tentang beragam hal detail mengenai jeruk

  1. Penemuannya 

Pada abad ketiga sebelum masehi, sudah ditemukan beberapa catatan tentang jeruk. Dalam catatan ini, dijelaskan bahwa jeruk adalah buah yang memiliki bentuk bulat dan memiliki warna kuning atau orange. Salah satu catatan yang terkenal karena menjelaskan tentang manfaat dari jeruk adalah Deipnosophist. 

Berlanjut ke tahun keempat sebelum masehi, dalam catatan berjudul Enquiry Into Plants yang ditulis dalam Theophrastus, ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan keberadaan jeruk. Karena catatan inilah, beberapa ahli menyimpulkan bahwa keberadaan jeruk sudah diketahui sejak sangat lama. Mungkin, kosa kata orange atau jeruk sendiri baru ditemukan beberapa tahun setelah masehi. Tetapi kegunaan dan manfaat buah bulat berwarna kuning ini sudah banyak dikemukakan sebelumnya. 

  1. Jenis varietas 

Seperti yang sudah kita ketahui, jeruk memiliki banyak sekali jenis. Beberapa jenis jeruk yang populer adalah jeruk bali atau citrus maxima, jeruk lemon atau citrus lemon, jeruk nipis atau citrus auanti ifolia dan jeruk mandarin atau citrus nobilis. 

Kandungan dalam masing-masing jenis varietas jeruk ini juga tentu berbeda-beda. Misalnya saja kandungan gizi yang ada dalam jeruk keprok. Jeruk keprok memiliki karbohidrat sebanyak 7,2 gram dengan protein sebesar 0,5 gram. Tidak hanya itu, ia juga memiliki banyak kandungan gizi yang lain seperti fosfor sebesar 10 gram dan kalsium sebesar 18 gram. 

  1. Manfaat Jeruk 

Kali ini, kita akan membahas tentang manfaat yang bisa kita dapatkan apabila mengonsumsi buah jeruk. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Melawan radikal bebas 

Manfaat jeruk yang pertama adalah untuk melawan radikal bebas. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk memiliki antioksidan yang tinggi dan kuat. Karena kandungan antioksidan inilah, ia mampu melindungi sel-sel tubuh dengan cara menetralkan molekul radikal bebas yang dianggap berbahaya untuk tubuh. 

Darimana radikal bebas ini berasal? Ada beberapa sumber radikal bebas, seperti polusi udara, stress, sinar matahari sampai asap rokok. Beberapa hal ini sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari bukan? Karena itulah, penting untuk selalu mengonsumsi buah jeruk dan vitamin C yang cukup. 

  1. Mengurangi resiko terserang kanker 

Jeruk ternyata juga bisa membantu kita untuk terhindar dari penyakit kanker. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk mungkin saja dapat membantu untuk menurunkan adanya sel kanker baru. Salah satu jenis kanker yang diteliti adalah kanker usus. 

Dalam hal ini, vitamin C akan berperan untuk mencegah adanya mutasi DNA. Mutasi DNA inilah yang dianggap bisa memicu munculnya sel kanker baru. Jeruk, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki kandungan asam folat, vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Bersama-sama, ketiga jenis senyawa ini bisa membantu kita terhindar dari resiko kanker. 

  1. Menjaga Imunitas Tubuh 

Manfaat terakhir adalah menjaga imunitas tubuh. Imunitas tubuh berfungsi sebagai pelindung tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Apabila Anda sering mengonsumsi jeruk, kandungan didalamnya akan membantu imun untuk mempertahankan kekebalan tubuh. 

Nah itu dia beberapa hal terkait dengan jeruk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *